Sunday, October 26, 2014

contoh identifikasi Segmentasi, Targeting, Positionig


contoh Indentifikasi STP (Segmentasi, Targeting, Positionig)

PT. HM Sampoerna Tbk

PT HM Sampoerna Tbk ini adalah sebuah produsen rokok terkemuka di Indonesia. Yang memproduksi beberapa rokok, termasuk rokok sampoerna mild. Misi kami adalah menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia. Hal ini kami lakukan dengan senantiasa mencari tahu keinginan konsumen, dan memberikan produk yang dapat memenuhi harapan mereka. Kami bangga atas reputasi yang kami raih dalam hal kualitas, inovasi dan keunggulan.



Segmentasi

Dalam pengelompokkan konsumennya, PT HM Sampoerna Tbk ini menggunakan pengelompokkan segmentasi demografis dan psikografis. Produk rokok sendiri hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Terdapat berbagai jenis produk rokok dari pt sampoerna ini, seperti A-mild, Dji Sam Soe, Kretek yang masing-masing jenis disesuaikan dengan tipe konsumen berdasarkan tipe perokok, gaya hidup, interest, dan juga minat konsumen.

Sampoerna A-mild membagi masyarakat kedalam segmen masyarakat terdidik yang mengerti benar akan bahaya merokok tetapi tetap memilih untuk merokok. Padasegmen masyarakat terdidik, terdapat konsumen yang sangat potensial bagi produsen rokok, yaitu kalangan anak muda terdidik yang mengetahui dampak rokok, tetapimengambil resiko untuk merokok. Nantinya dapat menjadi konsumen jangka panjang bagi perusahaan, karena rokok dapat menimbulkan keterikatan. Apabila konsumen anak muda terikat, maka perusahaan akan memiliki potensi konsumen yang akan loyal dalam jangka panjang



Targeting

Sampoerna menetapkan target konsumennya pada perokok-perokok muda dengan usia sekitar 18-25 tahun. Dimana saat ini kebanyakan terdapat perokok wanita. Dengan dikeluarkan produk rokok kretek baru yang lebih ringan, Sampoerna A-mild mengincar pangsa pasar pria yang lebih memilih rokok kretek untuk beralih ke rokok LTLN dengan rasa yang lebih halus. Target utama dari Sampoerna A-mild tetap pria. Namun pihak dari PT HM Sampoerna tetap mencoba menggaet perokok wanita dan pria lebih banyak lagi. Untuk pola targetingnya, sampoerna ini menggunakan pola full market coverage, dengan berusaha untuk melayani seluruh kelompok perokok yang membutuhkannya. Semisalnya dengan berusaha untuk melayani kebutuhan rokok kretek, rokok dji sam soe, dan juga a-mild.



Positioning

PT HM Sampoerna Tbk, ini merupakan perusahaan bertipe market leader, karena kebanyakan banyak produk pt sampoerna ini yang disukai banyak konsumen di pasar.

Dalam penawaran produk rokok dalam iklan tv, PT Sampoerna memang tidak memberikan iklan yang memperagakan untuk merokok. Tetapi PT Sampoerna memberikan tentang kekreatifan dalam pembuatan iklannya, dimaksudkan untuk menarik perhatian para konsumen untuk melihat iklan tersebut.



Persepsi pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar produk fisik. Keberhasilan positioning dari perusahaan sangat ditentukan untuk mendeferensiasikan atau memberikan nilai superior kepada pelanggan. Keberhasilan positioning terletak pada persepsi yang diciptakan dari persepsi perusahaan terhadap dirinya sendiri, persepsi perusahaan terhadap pesaing, persepsi perusahaan terhadap pelanggan.

1 comment:

  1. How to get from Mango Casino to Mango Casino - Kambi
    Mango Casino was launched in 구리 출장샵 1998 by 포천 출장마사지 a group of dedicated players of 경상북도 출장안마 Las Vegas, USA. The casino has over 구미 출장샵 100 slot machines, including classic 강릉 출장샵

    ReplyDelete